Berikut Daftar AltCoin Terbesar Di Dunia - Crypto News Indonesia

Breaking

Kamis, 24 Mei 2018

Berikut Daftar AltCoin Terbesar Di Dunia


Platform keuangan digital yang sangat menggoda, membuat minat masyarakat untuk mencobanya terus meningkat. Hal ini membuat mata uang digital seperti Bitcoin yang beredar di pasaran terus diburu untuk dimanfaatkan dalam memudahkan berbagai transaksi keuangan. Bersama itu, hadir pula sebuah mata uang digital terbaru yang dikenal sebagai Altcoin atau biasa disebut sebagai Alternative Coin. Apakah yang dimaksud dengan Altcoin hingga bagaimana kredibilitasnya sebagai mata uang digital yang disejajarkan dengan Bitcoin? Simak ulasannya sebagai berikut:

Apa Itu Altcoin?

Sederhananya, Altcoin ini sendiri merupakan coin-coin alternatif selain dari Bitcoin yang selama ini dikenal oleh masyarakat. Fungsinya tidak jauh berbeda, karena Altcoin ini sendiri juga digunakan sebagai mata uang digital yang kredibilitasnya sejajar dengan Bitcoin. Kehadiran Altcoin ini sendiri dimaksudkan untuk menutupi kekurangan dari Bitcoin. Mengingat selama ini peredaran Bitcoin hanya terbatas pada 22 juta coin saja, dan tidak mampu menutupi permintaan pasar.
Sejak pertama kali dirilis, Altcoin ini sendiri telah dibuat dan beredar sebanyak 150 juta coin. Harga dari Altcoin ini sangat bervariasi bahkan ada yang sempat melebihi harga Bitcoin itu sendiri. Meski begitu tidak sedikit dari Altcoin yang nilainya sangat kecil. Sama dengan Bitcoin, harga dari Altcoin ini sendiri juga fluktuatif dan tidak dapat diprediksi. Beberapa saat dapat melonjak tinggi dan disaat yang sama dapat mengalami penurunan drastis. Namun diperkirakan, jumlah Altcoin akan terus bertambah di pasaran yang membuat masa depannya sangat cerah.

Daftar AltCoin Terbesar Di Dunia

Saat ini cryptocurency telah menjadi perbicangan banyak orang. Manfaatnya telah sampai diberbagai belahan dunia. Perkembangannya juga tidak perlu ditanya, karena tidak hanya Bitcoin saja yang mampu menguasai pasaran. Telah hadir banyak cryptocurrency dalam hal ini Altcoin yang juga populer dan banyak diulas. Tidak berbeda dengan Bitcoin, daftar coin berikut ini tidak hanya populer namun juga memiliki kapitalisasi yang sangat besar di dunia.

Ripple

Ripple juga banyak dikenal sebagai XPR. Menjadi mata uang digital yang awalnya bersifat tertutup dan hanya dikembangkan oleh Ripple Network sebagai sebuah sistem pembayaran yang aman, cepat juga mudah. Tahun 2013, Ripple dijadikan sebagai proyek open source. Saat ini kapitalisasi Ripple mencapai USD 253 juta, kurang lebih mencapai 3 triliun rupiah.

Litecoin

Litecoin atau LTC. Tahun 2011 pertama kali coin ini dirilis. Pembuatnya adalah Charless Lee yang merupakan mantan pegawai Google. Keunggulan dari mata uang digital yang satu ini mampu membangun blok dalam waktu kurang dari 2,5 menit. Kapitalisasinya sampai saat ini mencapai USD 54 juta atau sama dengan 704 miliar rupiah.

Darkcoin / Digital Cash

Darkcoin atau Dash yang merupakan singkatan namanya Digital Cash. Pertama kali dirilis diberi nama Darkcoin namun untuk keperluan komersialisasi menjadi Dash. Berbeda dengan Bitcoin dan Litecoin, Dash menggunakan jenis algoritma yang disebut X11 menjadikannya mampu bekerja dengan komputer yang lebih efisien. Saat ini kapitalisasinya mencapai USD 15 juta.

Stellar

Stellar adalah sebuah cryptocurrency yang pertama kali dikenalkan pada tahun 2014. Pencipta mata uang ini adalah Jeb Mccaleb dan Joyce Kim. Mata uang ini menjadi berbeda dari mata uang digital lainnya karena 95% peredarannya diberikan cuma-Cuma. Tidak diperoleh dari mining karena penggunaan algoritma consensus yang otomatis mengasilkan coin baru.

MaidSafeCoin

MaidSafeCoin atau Massive Array of Internet Disks-Secure Access For Everyone. Crytocurrency ini dikembangkan David Irvice tahun 2006 dan dirilis tahun 2014. Menggunakan minning yang berbeda dari Bitcoin. Untuk mendapatkan coin, miner harus memiliki media penyimpanan untuk menyimpan coin MaidSafeCoin. Kapitalisasinya mencapai USD 9.7 juta.

NXT

NXT diluncurkan pertama kali pada tahun 2013 oleh sebuah developer software yang anonim, BCNext. Berbeda dengan mata uang digital lainnya, XT justru bekerja dengan sisitem proof-of-stakes atau PoS untuk mencatat berbagai transaksi sekaligus jumlah coin dari NXT. Tidak berbeda dari Stellar, NXT ini tidak memungkinkan adanya mining.

Dogecoin

Dogecoin ini tercipta dari nama sebuah anjing ras shiba inu yang ada di Jepang. Meme dari anjing ini sangat populer di negara matahari terbit tersebut. Awal diciptakan, Dogecoin ini hanya untuk lelucon namun justru mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Sehingga dikembangkan serius dan resmi diluncurkan tahun 2013.

Bitshares

BitShares terinspirasi dari tesis A Peer-to-Peer polymorphic Digital Asset Exchange. Diciptakan oleh seorang Daniel Larimer, Charles Hoskinson dan juga Stand Larimer. Saat itu Daniel mengerjakan tesis sekaligus mendapat dana VC dari China yang digunakan untuk membuat mata uang digital BitShares. Penggunaan algoritma consensus tidak memungkinkan mining.

1 komentar: